3 Cara Menentukan Target Pasar dengan Tepat Hasilkan Cuan Lebih Cepat

Target pasar atau sering juga disebut dengan target market memiliki peran penting dalam menentukan pesat atau tidaknya perkembangan dari sebuah bisnis. Kenapa? Yuk cari tahu alasannya…

Target pasar adalah suatu kelompok konsumen yang menjadi sasaran pendekatan perusahaan untuk membeli produk yang dijual. Dilihat dari definisinya maka akan menjadi tugas Ultraprenuer untuk mendeskripsikan target pasar dengan mengelompokkan calon konsumen ke beberapa segmentasi persamaan. Persamaan tersebut bisa dimulai dari demografi, umur, gaya hidup dan masih banyak lagi. Dengan begitu produk akan terjual ke sasaran yang tepat sehingga pendapatan meningkat.

Lalu, bagaimana cara menentukan target pasar? berikut ada sejumlah tips cara menentukan target pasar dengan tepat yang bisa Ultrapreneur sesuaikan dengan bisnis yang dijalankan.

1. Melihat dan menganalisis kebutuhan pasar

Hal ini dilakukan untuk mengetahui minat dan ketertarikan calon konsumen ke sebuah produk. Cara ini memerlukan waktu yang cukup tidak sedikit sehingga analisis yang dilakukan di pasaran teliti dan mendalam. Nantinya dari hasil analisis kebutuhan pasar akan diketahui nilai atau value yang dibutuhkan calon konsumen sehingga dapat disesuaikan dengan produk yang Ultrapreneur buat. Keuntungannya, jika terdapat hal yang tidak sesuai dengan kebutuhan pasar dari produk Ultrapreneur maka cara ini tepat untuk menjadi bahan evaluasi produk.

Melihat dan menganalisis kebutuhan pasar untuk menentukan target pasar dapat dilakukan dengan wawancara, survei, pengujian produk, fokus grup, dan lainnya. Ultrapreneur dapat mengikuti bazaar dengan membawa sampel produk sebagai tester untuk dibagikan ke calon konsumen jika diras cara ini cukup efektif untuk diterapkan di bisnis Ultrapreneur.

2. Segmentasi untuk mengetahui siapa konsumen yang dituju

Untuk mengerucutkan target pasar Ultrapreneur perlu mengetahui calon konsumen yang dituju dengan mengklasifikasikan berdasarkan segmentasinya. Berikut empat segmentasi yang dapat Ultrapreneur terapkan untuk menentukan target pasar:

a. Segmentasi Demografi
    Merupakan menentukan konsumen berdasarkan umur, tingkat pendapatan, jenis kelamin, pekerjaan, dan tingkat pendidikan.
b. Segmentasi Geografi
    Merupakan menentukan konsumen berdasarkan lokasi pemasaran produk.
c. Segmentasi Psikologi
    Merupakan menentukan konsumen berdasarkan lifestyle, attitudes, ketertarikan dan minat, dan values.
d. Segmentasi Behavioral
    Merupakan menentukan konsumen berdasarkan produk yang paling laris dibeli konsumen sebelumnya.

3. Menentukan Strategi Pemasaran

Biasanya menentukan strategi pemasaran untuk menentukan target pasar ini dilakukan setelah melakukan segmentasi calon konsumen seperti yang dibahas di nomor 2 diatas. Cara ini sangat efektif dilakukan untuk memperluas jangkauan produk apalagi didukung dengan perkembangan online pemasaran saat ini. Misalnya saja, dengan calon konsumen kisaran umur 17-24 akan cocok dengan strategi pemasaran melalui media sosial, sehingga Ultrapreneur dapat mengatur prioritas utama strategi pemasaran sehingga distribusi produk akan sampai di target yang tepat. Sementara itu contoh lain, jika produk Ultraprenuer perlu dipasarkan secara offline, dapat menggunakan billboard dengan kemungkinan calon konsumen melihat iklan tersebut.

Nah, setelah menentukan target pasar tahap selanjutnya Ultraprenuer dapat menentukan desain produk, kemasan, harga, promosi dan distribusi

Jika, Ultrapreneur ingin mengetahui lebih lanjut tentang strategi dalam membangun bisnis kuliner Ultra Indonesia akan membantu. Kunjungi dan buat akun sekarang di ultraindonesia.com, ada banyak ilmu dan wawasan menarik yang bisa Ultrapreneur temukan.

Referensi:
Mulai Bisnis Kecil? Ini Cara Menentukan Target Market-mu. glints. Diakses tanggal 2022-11-11
5 Cara Efektif Menentukan Target Pasar Untuk Bisnis UKM. Jurnal Entrepreneur. Diakses tanggal 2022-11-11
Pengertian dan 5 Tips Menentukan Target Market yang Sesuai dengan Bisnis. Omnichannel Conversational Platform. Diakses tangal 2022-11-11
Target Market: Definition, Purpose, Examples, Market Segments . Investopedia. Diakses tanggal 2022-11-11

BERITA TERKAIT

3 Cara Menentukan Target Pasar dengan Tepat Hasilkan Cuan Lebih Cepat

Berpotensi Besar, Ini Alasan Lain Kenapa Bisnis Kuliner Menjanjikan, Apa Saja?

Kenyamanan Nomor Satu, 4 Cara Jitu Menentukan Lokasi Bisnis Kuliner

8 Cara Memulai Bisnis Kuliner yang Harus Diketahui oleh Pebisnis Pemula

6 Bisnis Kuliner Online yang Menjanjikan dengan Potensi Omset Ratusan Juta

Ribuan Peluang Bisnis. Dimulai dari Email Anda