8 Cara Memulai Bisnis Kuliner yang Harus Diketahui oleh Pebisnis Pemula

Doc. Istimewa

Bisnis kuliner merupakan salah satu bidang usaha yang belakangan ini sedang populer. Bidang bisnis ini dianggap cukup menjanjikan dan dapat bertahan lama. Ditambah lagi dengan pergeseran makna kuliner yang kini bukan hanya sebagai kebutuhan pokok, tetapi telah menjadi bagian krusial dalam gaya hidup.

Masyarakat kini mulai berbondong untuk mencicipi kuliner baru, memberikan ulasan atau review, dan juga membagikan video atau foto kuliner tersebut ke media sosial mereka. Tidak aneh jika sektor bisnis ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, banyak orang yang mulai tertarik untuk terjun dan menekuni bidang bisnis ini.

Apakah Ultrapreneur juga tertarik untuk memulai bisnis kuliner? Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai cara memulai bisnis kuliner bagi pengusaha pemula.

1. Merancang Business Plan
Sebelum Ultrapreneur memulai bisnis kuliner, alangkah baiknya jika membuat rancangan bisnis atau business plan terlebih dahulu. Apa sih tujuannya?

Business plan akan membuat bisnis Ultrapreneur lebih terarah dan memiliki tujuan yang jelas kedepannya. Selain itu, business plan juga dapat membantu Ultrapreneur untuk lebih mudah mendapatkan pendanaan dari investor apabila bisnis tersebut semakin membesar.

Terdapat beberapa hal yang perlu Ultrapreneur perhatikan dalam membuat business plan, yaitu nama brand, identitas brand, target pasar, produk yang akan dijual, dan sistem operasi bisnis.

2. Riset Kompetitor
Dalam dunia bisnis, erat kaitannya dengan persaingan dan kompetitor. Terdapat puluhan atau bahkan ratusan kompetitor di luar sana. Apalagi bisnis kuliner yang notabene memiliki pergerakan yang cepat.

Sebelum memulai bisnis kuliner Ultrapreneur wajib melakukan riset kompetitor. Apa saja sih yang harus dicari? Ultrapreneur harus mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari produk kompetitor, kemudian mempelajarinya dengan seksama dan mencari celah atau peluang di dalamnya.

Dari celah tersebut, Ultrapreneur dapat mendesain produk yang lebih unik, baru, atau bahkan lebih baik dari produk yang dimiliki kompetitor. Baik itu dari sisi harga, ciri khas, atau pun packaging.

3. Menentukan Supplier
Supplier menempati bagian penting dalam bisnis kuliner, sebab mereka lah yang akan menjadi pemasok bahan baku terbaik untuk diolah menjadi makanan yang enak.

Jika Ultrapreneur masih terbilang pemula di bidang bisnis, lebih baik mencari bahan baku di pasar saja. Namun, jika bisnis yang Ultrapreneur jalankan sudah besar dan membutuhkan pasokan bahan baku yang lebih, sebaiknya Ultrapreneur mencari supplier bahan baku dengan skala yang lebih besar, harga lebih murah, dan available untuk mengirimkan barang secara rutin ke restoran.

4. Mencari Lokasi Bisnis yang Strategis
Bagi usaha yang baru saja dirintis, lokasi bisnis yang strategis menjadi poin penting sebab menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan bisnis tersebut.

Pilihlah lokasi yang mudah diakses dan ramai dikunjungi serta pertimbangkan persaingan bisnis di lokasi yang Ultrapreneur pilih. Misalnya, Jika Ultrapreneur membuka bisnis kuliner sejenis yang lokasinya berdekatan dengan brand ternama, tentu Ultrapreneur akan mengalami kesulitan untuk menarik pembeli sebab mereka akan lebih tertarik membeli produk brand yang lebih terkenal.

Bagaimana? apakah Ultrapreneur sudah menemukan lokasi yang tepat untuk memulai bisnis kuliner?

5. Menghitung Biaya yang akan Dikeluarkan
Berapa sih biaya yang diperlukan untuk memulai bisnis kuliner?

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah Ultrapreneur harus menetapkan berapa besarnya modal yang diperlukan. Besaran modal ini tentu saja akan berbeda tergantung jenis usaha yang akan digeluti.

Apabila Ultrapreneur ingin membuka bisnis kuliner dalam skala besar seperti restoran, modal yang diperlukan tentunya akan lebih besar dibanding mendirikan bisnis kuliner berupa warung pinggir jalan atau kedai.
Untuk memperoleh modal tersebut, Ultrapreneur bisa meminjam dari koperasi atau pun bank. Akan tetapi, jangan lupa untuk mempertimbangkan untung dan ruginya ya !

6. Mengajukan Izin Usaha
Adanya izin usaha akan membuat bisnis kuliner yang Ultrapreneur bangun memiliki legalitas dan perlindungan hukum yang jelas, mempermudah kerjasama, menambah akses permodalan, dan peluang memperoleh pendampingan.

Sebelum mengajukan izin usaha, Pahami dahulu terkait struktur bisnis kuliner yang Ultrapreneur tekuni. Kemudian Ultrapreneur bisa mengajukannya dengan mengikuti semua prosedur yang ada.

7. Merekrut karyawan
Mengelola bisnis kuliner sendirian akan terasa sangat berat karena harus merangkap beberapa pekerjaan sekaligus. Jika bisnis Ultrapreneur sudah berkembang pesat, tidak ada salahnya untuk mulai merekrut karyawan.

Tidak hanya membuat operasional bisnis menjadi lebih efektif dan efisien, merekrut karyawan akan meringankan beban ULtrapreneur, sehingga bisa mulai fokus untuk membuka cabang baru atau memulai bisnis kuliner lain kedepannya.

8. Lakukan Inovasi pada Bisnis
“Eh sekarang ada kuliner baru yang sedang viral loh, cobain yuk”
Pernah nggak Ultrapreneur mendengar kalimat tersebut?

Bisnis kuliner adalah bisnis yang unik, inovasi sangat diperlukan dalam bisnis ini. Baik dari sisi tampilan, bentuk, rasa, maupun kreasi penyajian dan pembuatannya.

Agar pembeli tidak bosan dengan produk yang Ultrapreneur jual, tidak ada salahnya jika melakukan sebuah inovasi. Misalnya dengan meng-upgrade menu berdasarkan occasion

atau acara tertentu. Hal ini dapat menarik pelanggan dan juga menyingkirkan kompetitor bisnis secara perlahan-lahan.




Nah, itulah 8 cara memulai bisnis bisnis kuliner yang mudah. Lakukan cara-cara di atas dengan konsisten dan ulet ya agar bisnis kuliner Ultrapreneur dapat berjalan dengan lancar dan semakin sukses kedepannya. 


Untuk pemula, memulai bisnis memang tidak mudah. Membutuhkan bimbingan dan harus banyak belajar. Namun, bersama Ultra Indonesia, kamu tidak perlu bingung lagi. Ada banyak modul yang bisa kamu akses sebagai salah satu benefit ketika memiliki akun di Ultra ID. Jadi, yuk segera daftar Ultra ID. 

BERITA TERKAIT

8 Cara Memulai Bisnis Kuliner yang Harus Diketahui oleh Pebisnis Pemula

6 Bisnis Kuliner Online yang Menjanjikan dengan Potensi Omset Ratusan Juta

5 Tips Memulai Bisnis Kuliner untuk Pemula Tanpa Ribet

Cuan Ngalir Terus, Inilah 7 Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Bakal Banyak Dicari di 2022, Ini Alasan Healthy Food Lebih Mahal daripada Junkfood

Ribuan Peluang Bisnis. Dimulai dari Email Anda