Berpotensi Besar, Ini Alasan Lain Kenapa Bisnis Kuliner Menjanjikan, Apa Saja?

Seperti yang kita tahu bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang tidak mungkin akan ditinggalkan. Bagaimana bisa manusia meninggalkan kebutuhan pokok yang menjadi sumber kehidupan. Sehingga, bisa dibayangkan betapa besarnya potensi yang ditimbulkan jika pangan ini dijadikan bisnis.

Bisnis kuliner, begitu istilah yang akrab digunakan masyarakat merujuk pada usaha yang bergerak dibidang makanan dan minuman. Dengan jutaan jumlah penduduk dan kemudahan membuka lahan bisnis merupakan alasan kenapa bisnis kuliner menjanjikan dan berpotensi besar.

Namun, selain berpotensi besar untuk terus dikembangkan, berikut beberapa alasan lain kenapa bisnis kuliner menjanjikan.

1. Tidak Akan Pernah Mati

Ada pesan dari dosen kewirausahaan senior di Fakultas Teknologi Pertanian IPB, Ir Soesarsono Wijandi, MSc (Alm) mengatakan bahwa “selama manusia masih makan, maka bisnis makanan dan minuman tidak akan pernah mati.” Selain dijadikan motivasi untuk terus mengembangkan bisnis kuliner pesan tersebut menunjukkan bahwa hidupnya manusia akan selalu berjalan beriringan dengan adanya bisnis kuliner, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi Ultrapreneur untuk tidak berhenti menciptakan inovasi dan kreatifitas dibidang bisnis kuliner.

Kenapa bisnis kuliner menjanjikan? Nantinya bisnis kuliner akan menjadi perjalanan panjang bagi Ultrapreneur, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi Ultrapreneur untuk tidak berhenti menciptakan inovasi dan kreatifitas dibidang bisnis kuliner.

2. Jadi Daya Tarik Wisata

Wilayah Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote, jutaan sumber daya alam terkandung di dalamnya, maka lahirlah keanekaragaman makanan khas yang tercipta. Inilah kenapa bisnis kuliner menjanjikan apalagi di Indonesia, akan sangat disayangkan keangeragaman makanan khas dilupakan begitu saja, sehingga akan menjadi ide authentic bagi Ultrapreneur untuk membangun bisnis kulinernya.

Sementara itu, kuliner juga menjadi faktor wisatawan mengunjungi suatu tempat, mulai dari street food, restoran, warung makan, penggiat kuliner tradisional dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, wisata kuliner akan menjadi alasan yang tepat kenapa bisnis kuliner menjanjikan apalagi wisata ini tidak hanya memikat wisata lokal namun juga wisatawan mancanegara.

3. Nggak Perlu Modal Besar

Tidak sedikit bisnis kuliner datang dari hobi, kegemaran yang sering dilakukan menjadi alasan untuk menekuni bisnis kuliner untuk mendatangkan uang. Bisnis kuliner yang dimulai dari skala kecil biasanya juga mengandalkan sedikit tenaga kerja bahkan dilakukan sendiri dalam proses pengelolaan atau produksinya. Oleh karena itu, dalam memulainya Ultrapreneur tidak perlu mengeluarkan modal besar. Kalau sudah untung sedikit saja sudah cukup menjadi alasan untuk terus optimis mengembangkan bisnis kuliner kedepan.

Fleksibel menjadi alasan selanjutnya kenapa bisnis kuliner menjanjikan karena tidak perlu ruangan khusus dan mewah untuk produksinya, bisnis kuliner dapat dimulai dari dapur sendiri.

4. Mudah Beradaptasi di Era Digital

Ketergantungan konsumen terhadap aplikasi antar-pesan makanan online mulai dari Shopee Food, GoFood, GrabFood, Traveloka Eats, Happy Fresh, SayurBox, dan masih banyak lagi akan menjadi saat yang tepat untuk Ultrapreneur memasarkan produk kuliner di aplikasi tersebut. Ini akan menjadi kabar baik untuk Ultrapreneur yang tidak memiliki tempat cukup luas tapi tetap bisa menghasilkan cuan lebih banyak atau untuk Ultrapreneur yang berniat untuk tidak membuka lapak sama sekali. Apalagi jika dimulai dari media sosial yang tidak memerlukan biaya, sehingga tidak diragukan lagi kenapa bisnis kuliner menjanjikan.

Perkembangan digital yang pesat ini juga dimanfaatkan pebisnis kuliner yang tidak hanya mengandalkan offline marketing tapi juga ikut memasarkan produk melalui platform digital bahkan banyak yang sudah mulai membuat aplikasi sendiri, yang tentunya akan menjadi ladang keuntungan lebih banyak.

Jadi bagaimana sudah siap memulai usaha bisnis kuliner mu sendiri? Jika, Ultrapreneur ingin mengetahui lebih lanjut tentang strategi dalam membangun bisnis kuliner Ultra Indonesia akan membantu. Kunjungi dan buat akun sekarang di ultraindonesia.com, ada banyak ilmu dan wawasan menarik yang bisa Ultrapreneur temukan. 

BERITA TERKAIT

3 Cara Menentukan Target Pasar dengan Tepat Hasilkan Cuan Lebih Cepat

Berpotensi Besar, Ini Alasan Lain Kenapa Bisnis Kuliner Menjanjikan, Apa Saja?

Kenyamanan Nomor Satu, 4 Cara Jitu Menentukan Lokasi Bisnis Kuliner

8 Cara Memulai Bisnis Kuliner yang Harus Diketahui oleh Pebisnis Pemula

6 Bisnis Kuliner Online yang Menjanjikan dengan Potensi Omset Ratusan Juta

Ribuan Peluang Bisnis. Dimulai dari Email Anda