Kenyamanan Nomor Satu, 4 Cara Jitu Menentukan Lokasi Bisnis Kuliner

Seringkali kita menjumpai bisnis kuliner yang memiliki cita rasa enak tapi jarang didatangi pelanggan atau sebenarnya memiliki daftar menu yang menarik, tapi pelanggan enggan mampir. Lalu apa ya penyebabnya, Ultrapreneur?

Nah, hal tersebut berkaitan dengan dimana lokasi bisnis kuliner, apakah cukup strategis? apakah lokasi yang dipilih terjangkau? Ternyata, menentukan lokasi bisnis kuliner menjadi hal penting yang tidak boleh disepelekan.

Oleh karena itu, berikut ada sejumlah cara yang bisa Ultrapreneur coba dalam menentukan lokasi bisnis kuliner.

1. Pastikan Lokasi Bisnis Kuliner Terlihat dan Menarik

Terlepas apakah nanti bangunan yang akan dipakai Ultrapreneur untuk bisnis kuliner adalah milik pribadi atau sewa, muka dan tampilan bangunannya patut dipertimbangkan. Pastikan bahwa lokasi bisnis kuliner tersebut mudah terlihat dari berbagai sisi, dekat dengan jalan raya, di tengah kota, atau terlihat ketika calon pelanggan berlalu lalang.

Ultrapreneur pasti akrab dengan istilah Instagramable, Pinterestable, atau aesthetic, istilah-istilah tersebut yang dipakai calon pelanggan sebagai pertimbangan untuk mendatangi tempat-tempat kuliner. Tampilan yang menarik dan mudah terlihat adalah paket komplit daya tarik bisnis kuliner.

2. Memiliki akses yang mudah dijangkau

“Loh kok nggak ada di GMaps? Kenapa jadi sampai sini? Nggak ada plang namanya, tapi bener kok? Duh jalannya kok nggak enak ya…”

Keluhan-keluhan tersebut tidak asing ketika tempat-tempat kuliner sulit dijangkau. Hal tersebut menjadi tantangan bagi Ultrapreneur untuk memperhatikan accessibility (aksesibilitas) dalam menentukan lokasi bisnis kuliner.

Pastikan bahwa ketika calon pelanggan melakukan perjalanan menuju bisnis kuliner Ultrapreneur terjangkau dengan mudah, kondisi jalan yang bagus, terdapat plang nama atau petunjuk jalan, dapat dicapai dengan jaringan transportasi umum, sepanjang perjalanan memiliki fasilitas yang memadai seperti penerangan umum, pom bensin, dan lain sebagainya terutama ketika calon pelanggan datang dari luar kota, dan update lokasi bisnis kuliner Ultraprenuer di Google Maps.

3. Memiliki area parkir yang luas

Siapa diantara Ultrapreneur yang pernah membatalkan untuk mengunjungi tempat kuliner karena parkir sudah penuh? Atau sudah terlihat sumpek dari luar? Dari sini kita bisa melihat bahwa ketersediaan halaman parkir yang luas menjadi faktor calon pelanggan untuk mengunjungi tempat kuliner.

Size does matter! Perlu dipertimbangkan bahwa lokasi bisnis kuliner yang dipilih memiliki ukuran yang memadai, perkiraan kunjungan pelanggan yang maksimal selaras dengan ukuran bangunan dan lahan parkir. Kemudian penataan kendaraan yang rapi menjadikan lahan parkir terlihat luas sehingga calon pelanggan tidak mengurungkan niatnya untuk membeli.

4. Terjamin aman, nyaman, dan bersih

Tidak sedikit calon pelanggan yang memilih tempat kuliner karena sanitasi dan higienitasnya, mulai dari tempatnya, lingkungan sekitarnya, peralatannya, dan penjualnya. Ketika lokasi bisnis kuliner yang dipilih bersih dan dengan pemeliharaan yang tepat akan menimbulkan rasa nyaman sehingga ada banyak kemungkinan pelanggan tersebut untuk datang kembali.

Penting juga, menentukan lokasi bisnis kuliner yang aman, tidak terlalu bising dan hindari lokasi dengan riwayat kriminal yang tinggi. Karena ada banyak calon pelanggan tidak mau mendatangi tempat kuliner karena pernah terjadi kejadian yang tidak mengenakkan.

Memahami bahwa pemilihan lokasi bisnis kuliner menjadi faktor penting keberlangsungan bisnis kuliner kedepannya, jadi pastikan Ultrapreneur membuat keputusan yang tepat. Jika, Ultrapreneur ingin mengetahui lebih lanjut tentang strategi dalam membangun bisnis kuliner Ultra Indonesia akan membantu. Kunjungi dan buat akun sekarang di ultraindonesia.com, ada banyak ilmu dan wawasan menarik yang bisa Ultrapreneur temukan. 

BERITA TERKAIT

3 Cara Menentukan Target Pasar dengan Tepat Hasilkan Cuan Lebih Cepat

Berpotensi Besar, Ini Alasan Lain Kenapa Bisnis Kuliner Menjanjikan, Apa Saja?

Kenyamanan Nomor Satu, 4 Cara Jitu Menentukan Lokasi Bisnis Kuliner

8 Cara Memulai Bisnis Kuliner yang Harus Diketahui oleh Pebisnis Pemula

6 Bisnis Kuliner Online yang Menjanjikan dengan Potensi Omset Ratusan Juta

Ribuan Peluang Bisnis. Dimulai dari Email Anda