Pola Makan Plant Based Bisa Stop Global Warming? Ini Faktanya!

Pexels.com

Setiap tahunnya, para pebisnis kuliner pasti berlomba-lomba untuk memprediksi makanan apa sih yang menjadi tren di tahun depan. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2022 juga akan diprediksi tren apa saja yang akan terjadi nantinya.
Namun, dalam artikel ini akan lebih dibahas mengenai tren bisnis kuliner dibanding dengan jenis makanan yang bakal viral.
Bagaimana, Ultrapreneur? Tidak sabar untuk mengetahui tren bisnis kuliner yang akan digunakan dan viral di tahun 2022? Yuk, langsung disimak untuk kemudian dipelajari untuk diterapkan di bisnis Ultrapreneur semua.

1. Perubahan Model Bisnis
Selama pandemi, pemerintah menganjurkan untuk tetap di rumah dan menjaga jarak guna menerapkan protokol kesehatan. Dengan waktu menjaga jarak dan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah selama hampir 2 tahun lamanya, pola konsumsi masyarakat menjadi berubah dan akan menjadi tren bisnis kuliner.
Mereka lebih banyak membeli bahan makanan yang lebih awet karena harus disimpan dalam jangka waktu yang lama. Ketika keadaan masih belum stabil untuk makan di luar, penyajian makanan yang bisa dilakukan dengan pesan antar tentu saja lebih dipilih.

2. Masakan Rumahan yang Sehat dan Higienis
Banyak ibu rumah tangga di perkotaan yang kemudian lebih memilih makanan yang higienis dan sehat untuk anaknya. Pola konsumsi ini mungkin sudah dimiliki oleh banyak ibu sebelumnya, tetapi setelah pandemi, lebih banyak yang lebih memilih makanan sehat dengan pertimbangan supaya imun tidak menurun.
Tidak hanya makanan, minuman pun demikian. Minuman-minuman yang mengunggulkan jaminan kesehatan, seperti berkaitan dengan bahan herbal akan lebih banyak dicari di kemudian hari. Terlebih jika sebuah minuman tersebut memang mengedepankan manfaat untuk kesehatan, tetapi diolah dengan rasa yang lebih ringan dan populer, seperti mengkombinasikan jamu yang lebih dianggap tradisional dengan rasa lain yang lebih populer.

3. Makanan Artisan
Dibandingkan dengan makanan yang diproduksi secara massal, makanan yang diolah sendiri secara homemade akan lebih dicari karena diolah secara lebih higienis dan alami sehingga akan menjadi tren bisnis kuliner di tahun depan. Jadi, konsumen juga akan lebih mempercayainya supaya kesehatan tetap terjaga.

4. Plant Based
Sebelum pandemi, pola konsumsi bahan makanan yang berasal dari tumbuhan memang sudah banyak. Para vena dan vegetarian mengkampanyekan hidup sehat dan keutuhan lingkungan. Sekarang dan kedepannya, pola konsumsi berbasis tumbuhan akan lebih banyak disuarakan.
Hal ini tentu saja masih berkaitan dengan efek Pandemi Covid-19 di mana pola konsumsi sehat lebih diutamakan. Masyarakat menghindari penyakit-penyakit berbahaya seperti diabetes, kolesterol, hingga jantung sehingga mengonsumsi daging berlebih hingga makanan yang digoreng menjadi berkurang.

5. Paham Target Pasar
Tren bisnis kuliner tahun 2022 tidak hanya tentang apa yang dibeli dan apa yang dijual dalam berbisnis kuliner. Namun, nantinya juga akan menyangkut bagaimana cara Ultrapreneur selaku pebisnis kuliner dalam melakukan promosi.
Pahami dengan baik siapa target pasar Ultrapreneur sehingga promosi yang dilakukan tepat sasaran. Hal ini nanti berkaitan dengan persona yang sudah dibahas di artikel sebelumnya. Pelajari setiap persona dengan baik. Bagaimana cara mereka memperoleh informasi, media sosial yang digunakan, hingga bagaimana gaya hidup mereka.

6. Membangun Strategi Bisnis yang Matang
Ultrapreneur harus tahu produk yang Ultrapreneur jual lebih cocok untuk persona yang mana. Misal, ketika Ultrapreneur menjual minuman boba, tentu saja persona yang ditarget tentu saja bukan persona keempat yang rentan terkena diabetes.
Saat sudah tahu persona mana yang ditarget, Ultrapreneur harus menyiapkan strategi promosi dengan baik. Buat konten yang menarik dan tempatkan di media sosial yang tepat, sesuai dengan yang digunakan oleh target persona. Strategi yang tepat akan menjadi tren bisnis kuliner di tahun 2022 dengan kampanye yang tepat target.

7. Berkolaborasi untuk Memperluas Target Pasar
Tahun 2022 persaingan akan dilakukan dengan seberapa kreatif para pebisnis bertahan. Ke depannya, berkolaborasi adalah hal yang banyak dilakukan untuk memperluas target pasar. Misalnya brand minuman kekinian seperti kopi, thai tea, atau boba berkolaborasi dengan brand kue atau biskuit sehingga bisa muncul varian produk baru.
Dengan demikian, pasar akan semakin luas bahkan menciptakan pasar baru dari variasi yang tercipta setelah berkolaborasi.

8. Sumber Makanan yang Sustainable
Karena pandemi, jangkauan impor maupun ekspor terganggu. Tren bisnis kuliner di tahun 2022 adalah banyak perusahaan yang bahan produksinya berasal dari luar negeri kemudian terhambat karena pengiriman yang diberhentikan demi mencegah penularan virus.
Karena hal tersebut, sumber produksi makanan dicari alternatifnya. Jika sebelumnya berasal dari luar negeri, pebisnis mencari penggantinya dari dalam negeri dengan kualitas yang tidak jauh berbeda.

9. Berinovasi dengan Memperhatikan 3P: People, Planet, Profit
Inovasi-inovasi yang dilakukan di dunia kuliner nantinya sudah memperhatikan keselamatan alami dan humanisme dibanding hanya profit saja. Hal ini tentu saja pola konsumsi dan produksi akan berubah, ada yang ditekan produksinya dan ada yang bertambah produksinya.
Contoh nyatanya adalah pola konsumsi daging-dagingan yang akan banyak digantikan oleh pola konsumsi berbasis tumbuhan. Mungkin memang tidak semua orang akan langsung berubah menjadi seorang vegan dan vegetarian, tetapi dipastikan konsumsi daging akan berkurang.

Itulah 9 tren bisnis kuliner yang diprediksi bakal viral karena pelaku bisnis akan menerapkannya. Dengan mengetahui informasi tersebut, tentu saja Ultrapreneur bisa dengan mudah kan untuk membuat strategi untuk bisnis Ultrapreneur?
Yang pasti, setelah menyusun strategi tren bisnis, Ultrapreneur juga harus tahu tahu juga bagaimana mempromosikan bisnis sehingga bisa tepat sasaran sampai ke target pasar Ultrapreneur.

BERITA TERKAIT

Cuan Ngalir Terus, Inilah 7 Ide Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Bakal Banyak Dicari di 2022, Ini Alasan Healthy Food Lebih Mahal daripada Junkfood

Pola Makan Plant Based Bisa Stop Global Warming? Ini Faktanya!

Pelaku UMKM Kuliner Wajib Baca! Inilah 9 Tren Bisnis Kuliner yang Bakal Viral di Tahun 2022

Ketahui Perbedaan 4 Persona Ini Supaya Promosi Bisnismu Tepat Sasaran

Ribuan Peluang Bisnis. Dimulai dari Email Anda