Tidak Diragukan Lagi, Ternyata Ini 5 Manfaat Bisnis Kuliner Dibandingkan Bisnis Lain!

Bisnis kuliner merupakan salah satu sektor bisnis yang paling digemari. Bukan hanya mudah, bisnis kuliner dianggap mampu bertahan di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu. Peluang bisnis yang besar juga menjadi alasan lain dari banyaknya orang untuk memulai bisnis kuliner. Simak penjelasan lain dari manfaat bisnis kuliner yang harus dipahami bagi Anda pebisnis pemula maupun yang sudah berpengalaman.


1. Mempunyai Prospek Jangka Panjang


Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Alasan inilah yang membuat bisnis kuliner dinilai sustainable untuk jangka panjang. Bukan hanya ingin dinikmati untuk generasi yang sekarang, bisnis kuliner juga dapat diturunkan secara turun-temurun dan justru dianggap sebagai “legend” ketika sudah berdiri selama puluhan tahun.


Konsumen loyal dari generasi pertama akan memberikan testimoni kepada generasi berikutnya untuk turut menikmati produk tersebut dan seterusnya. Hal inilah yang membuat kontinuitas produksi bisnis kuliner semakin tinggi. Kontinuitas produksi yang tinggi menyebabkan perputaran uang lebih cepat dan keuntungan menjadi lebih banyak. Bisa dibayangkan jika dalam sehari bisa mendapatkan keuntungan hingga jutaan, berapa banyak keuntungan yang bisa didapatkan dalam sebulan? Tentu jumlah yang sangat banyak bukan? Begitulah manfaat bisnis kuliner yang membedakannya dengan bisnis lain.


2. Target Market yang Luas


Target market dari bisnis kuliner sangatlah beragam. Karakteristik yang sering dinilai diantaranya adalah usia dan jenis kelamin. Jika ingin memiliki target market dari semua kalangan usia dari anak-anak hingga dewasa dapat membuat produk yang bersifat universal misalnya keripik. Inovasi dapat disesuaikan dengan varian rasa pedas untuk orang dewasa dan original yang tidak terlalu pedas untuk anak-anak. Permainan dalam memperluas target ini bisa menjadi strategi jitu untuk meningkatkan pendapatan.


3. Mudah Dijalankan


Kemudahan dalam menjalankan adalah salah satu dari manfaat bisnis kuliner. Kemudahannya terletak pada modal yang sedikit dan lokasi yang fleksibel. Memulai bisnis kuliner tidak membutuhkan banyak modal, dapat dimulai dari skala rumahan bahkan hanya berupa outlet kecil di pinggir jalan. Lokasi yang dibutuhkan tergolong mudah apalagi dengan berkembangnya era digital. Pengusaha tidak memerlukan lokasi khusus seperti restoran, melainkan dapat berjualan secara online melalui e-commerce ShopeeFood, GoFood, dan GrabFood. Kemudahan ini sekaligus memangkas ongkos produksi untuk sewa tempat, listrik, air, dan mesin produksi yang harus ada di sebuah restoran. Bukan hanya itu, dengan kecanggihan teknologi produk kuliner sudah dapat dikirim ke luar kota dengan sistem pengawetan dan ekspedisi tertentu untuk menjaga kualitas produk tetap terjaga sampai ke tangan konsumen.


4. Fleksibel dalam Inovasi


Bisnis kuliner tergolong bisnis yang versatile sehingga sangat fleksibel dalam hal inovasi. Inovasi yang dilakukan dapat berupa rasa, bentuk, kemasan, dan bahan pelengkap. Tidak heran jika beberapa brand terkadang memberikan varian menu baru untuk menarik perhatian konsumen. Inovasi ini sekaligus dapat memperkuat brand identity yang menambah unique value dari suatu brand. Contohnya ketika suatu brand es krim membuat varian baru dari topping choco chips, maka segmentasi pasar akan semakin luas karena konsumen bisa memilih topping baru yang ingin dicoba. Sama halnya ketika brand snack jenis tertentu mengeluarkan kemasan baru yang lebih minimalis. Produk ini dinilai cocok karena kemasannya yang minimalis sesuai dengan kebutuhan para traveler.


5. Tren Wisata Kuliner Kini sedang Digandrungi Banyak Orang


Siapa yang tidak mengenal wisata kuliner? Tentu sudah tidak asing lagi ya Ultrapreneur. Wisata kuliner kini sedang digandrungi oleh berbagai kalangan. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung ke suatu lokasi hanya untuk berwisata kuliner di daerah tersebut. Bagi pengusaha yang berfokus pada food service, tentu sangat menguntungkan jika banyak pelanggan yang datang langsung ke restoran. Namun jika bisnis kuliner berbentuk food product, produk dapat digunakan sebagai oleh-oleh.


Tren wisata kuliner membuat bermunculannya para youtuber maupun food vlogger yang membantu mempromosikan bisnis kuliner. Tidak dipungkiri kehadiran para content creator ini, mampu mendongkrak pendapatan para pengusaha kuliner. Promosi yang dilakukan para content creator di sosial media membuat konsumen berbondong-bondong datang sekedar mencicipi maupun untuk dibawa pulang. Dengan kata lain, tren wisata kuliner masyarakat yang besar semakin memperkuat tingginya nilai manfaat bisnis kuliner dibandingan bisnis lainnya.


Bagaimana Ultrapreneur, masih ragu untuk membuka bisnis kuliner? Tidak perlu ragu ya, karena bisnis kuliner ini memiliki banyak manfaat dibandingkan bisnis lainnya. Jika ada kendala seperti bingung mencari akses pasar maupun kesulitan dalam permodalan, Ultra Indonesia siap membantumu. Cukup gabung di Ultra ID, segala kemudahan akses pasar dan permodalan dapat segera terselesaikan.


Yuk daftar di www.ultraindonesia.com, lengkapi data hingga 100%, dan selamat bisnis kulinermu akan segera naik kelas! Penasaran seperti apa? Kunjungi situsnya sekarang ya ^_^

BERITA TERKAIT

4 Film Kuliner Indonesia yang Wajib Kamu Tonton, Bikin Ngiler!

Cuan Melimpah, Begini Potret 6 Youtuber Kuliner Indonesia yang Punya Banyak Penggemar

Apa yang Dimaksud Kemasan Fleksibel? Bagaimana Kelebihan dan Kekurangannya? Cari Tahu Yuk!

Makin Populer, Ini Bukti Hebat Kuliner Indonesia di Mata Dunia

Jadi Surga Kuliner Berjuta Rasa, Ini Ciri Khas Kuliner Indonesia

Ribuan Peluang Bisnis. Dimulai dari Email Anda