6 Ide Bisnis Kuliner Kekinian yang Banyak Diminati oleh Milenial

Tren makanan kekinian sering kali mengalami perkembangan setiap tahunnya. Hal ini terjadi dikarenakan bisnis kuliner merupakan jenis usaha yang tidak ada matinya. Meskipun tidak menutup kemungkinan akan risiko dan tantangan pasar, bisnis kuliner tetap menjanjikan sebab makanan merupakan kebutuhan pokok setiap orang. 
Kunci kesuksesan bisnis kuliner terletak pada kualitas dan inovasi produknya. Inovasi ini tentunya bertujuan agar konsumen tidak merasa bosan dan konsisten melakukan pembelian. Di samping itu, inovasi dalam bisnis kuliner juga dimaksudkan agar bisnis tidak tenggelam dalam persaingan pasar yang sangat ketat, di mana banyak pelaku usaha baru yang menawarkan produk dengan ciri, keunggulan, dan keunikan yang lebih beragam. 
Dan apakah Ultrapreneur tahu? Saat ini tren makanan kekinian sangat diminati oleh para milenial. Hal ini tidak terlepas dari karakter milenial yang memiliki rasa keingintahuan tinggi dan senang mencoba hal-hal baru.
Berikut 6 ide jualan makanan kekinian yang sedang hype dan dapat Ultrapreneur jadikan sebagai referensi. 

Basreng 

Basreng atau bakso goreng termasuk makanan kekinian yang cocok untuk menjadi cemilan sehari-hari, terutama saat menonton film atau berkumpul bersama teman. Rasanya yang gurih pedas membuat makanan satu ini digemari oleh kebanyakan orang, terutama para millennial. 
Cara membuatnya sangat mudah dan bahan bakunya juga mudah didapat, jadi cemilan ini bisa menjamur di mana-mana. Meskipun begitu, peluang bisnis untuk makanan ini tetaplah tinggi sebab peminatnya selalu ada.
Bagi Ultrapreneur yang bingung mencari ide bisnis, bisa banget nih mencoba ide jualan makanan kekinian yang satu ini. 

Croffle 


A photo by Ardi Evans on Unsplash.com

Kudapan yang satu ini sedang tren di media sosial beberapa bulan terakhir. Banyak netizen yang membagikan foto dan me-review nikmatnya croffle. Bahkan kedai yang menjual croffle selalu dipadati oleh pengunjung. 
Croffle sendiri merupakan akronim dari croissant waffle, sebuah hidangan yang terbuat dari adonan croissant yang dipanggang menggunakan cetakan waffle. Makanan ini biasanya disajikan dengan topping whipped cream dan madu.
Mengetahui kepopuleran makanan yang satu ini, tak ada salahnya jika sobat Ultrapreneur jadikan referensi untuk memulai bisnis kuliner loh!

Keju Aroma 

Pernah nggak sih Ultrapreneur lihat kuliner viral  ini? Makanan ini cocok banget loh kalau Ultrapreneur yang suka makanan berbau keju.
Keju aroma adalah makanan berbahan dasar keju yang dibalut dengan kulit lumpia kemudian digoreng krispi. Rasanya ringan jadi cocok banget dijadikan cemilan sehingga digemari oleh banyak kalangan. Rasanya yang manis dan gurih cocok untuk dijadikan cemilan sehari-hari. 
Bahkan, ada juga influencer terkenal yang menjual makanan ini dan ternyata  peminatnya cukup banyak. Kalau Ultrapreneur minat menekuni bisnis kuliner, keju aroma ini bisa dijadikan ide jualan makanan kekinian yang menjanjikan loh. 

Bitterballen 

Bingung ingin memulai bisnis kudapan gurih yang beda dari biasanya? Gorengan warisan kolonial Belanda ini bisa Ultrapreneur jadikan salah satu ide jualan makanan kekinian. 
Bitterballen ialah jenis gorengan yang berbentuk bola-bola, berbahan dasar daging, dan dibalut dengan tepung roti, biasanya kudapan ini disajikan dengan tambahan saus mustard. 
Akan tetapi, seiring perkembangan zaman, bitterballen banyak dimodifikasi, perbandingan kentang dan sayur lebih banyak daripada daging. Selain itu, sobat Ultrapreneur juga dapat menjual makanan ini dalam bentuk frozen food loh sehingga lebih tahan lama dan dapat didistribusikan ke berbagai daerah. 

Dessert Box 

Dessert Box kembali populer setelah sempat meredup pada pertengahan tahun 2020. Keunikan dari makanan ini ialah kemasannya yang berbentuk kotak bening dan bisa dimakan langsung setelah dimasukkan ke dalam kulkas. Varian yang ditawarkan juga semakin beragam, mulai dari milk bath cake, tiramisu, oreo, regal, redvelvet, cheese, nutella, hingga cokelat belgia yang banyak diminati. 
Dessert box ini juga selalu ditata cantik loh, Ultrapreneur. Cita rasa manisnya yang menggugah selera membuat makanan ini cocok untuk memperbaiki mood yang rusak. Tidak heran jika makanan ini dengan cepat menjadi viral, terutama dengan adanya media sosial. Melihat bagaimana kuliner ini mampu bertahan di pasaran, sobat Ultrapreneur mungkin bisa mencoba ide jualan makanan kekinian yang satu ini. 

Cheese Ball 


A photo by Taylor Kiser on Unsplash.com

Keju menjadi makanan favorit karena rasanya yang gurih dan enak, terutama keju mozarella yang lumer dan banyak dijadikan campuran makanan. 
Salah satu olahan keju yang memiliki potensi bisnis tinggi adalah cheese ball. Jenis makanan yang mirip dengan kroket namun bagian dalamnya berisikan keju mozarella. Makanan ini memiliki tekstur krispi di luar dan lumer di dalam sebab keju mozarella yang mencair ketika digoreng. Bisnis kuliner ini memiliki banyak peminat dan laris di pasaran, loh, Ultrapreneur bisa contek ide ini untuk jualan di tahun 2021 ini ya!

Bagaimana, tertarik untuk menjalankan rekomendasi ide jualan makanan kekinian di atas? Jika tekun dan memiliki niat menjalankan bisnis tersebut, Ultrapreneur bisa loh meraup untung yang besar sebab pasar kuliner akan selalu bergerak dan selalu dibutuhkan. 
Namun, jika Ultrapreneur baru terjun ke dunia bisnis kuliner, tentu saja membutuhkan bimbingan kan? Nah, Ultrapreneur bisa nih untuk belajar lebih lanjut dengan mentor ahli yang berpengalaman atau dari modul atau buku-buku mengenai bisnis kuliner.

Ditulis oleh Reza Vivin Takririyah