Buku Gastronomi Indonesia Karya Prof. Murdijati Gardjito Diluncurkan

Pada hari Senin tanggal 2 Maret 2020 lalu, Prof. Murdijati Gardjito bersama Prof. Retno Indrati meluncurkan buku Gastronomi Indonesia di Perpustakaan Nasional Jln. Medan Merdeka Selatan. 

Buku yang terdiri dari 2 jilid ini merangkum tentang budaya makan dan seluruh budaya yang berkaitan dengan prosesi makan di Indonesia. Melalui pendekatan scientifik yang terukur, buku ini menyajikan data bahwa budaya Indonesia adalah budaya yang menjunjung tinggi akulturasi.

Acara peluncuran buku yang didukung oleh Ikatan Gastronomi Indonesia (IGA) dan Aku Cinta Masakan Indonesia (ACMI) dihadiri oleh banyak pemerhati kuliner dan gastronomi Indonesia. Indra Ketaren, seorang pemerhati gastronomi Indonesia menyatakan penghargaan sebesar-besarnya atas terbitnya buku Gastronomi Indonesia ini karena buku acuan tentang Gastronomi Indonesia memang belum ada. Beliau memberikan masukan agar ke depannya akan muncul lagi tulisan-tulisan populer tentang gastronomi Indonesia. 

Sedangkan Santhi Serad, pemerhati kuliner sekaligus co-founder ACMI, menyatakan bahwa buku Gastronomi Indonesia ini akan menjadi pegangan yang penting untuk pengembangan kuliner dan gastronomi Indonesia ke depannya. Dan Santhi Serad berharap besar bahwa buku Gastronomi Indonesia akan muncul versi terjemahan bahasa Inggris agar sejarah kuliner dan gastronomi Indonesia bisa semakin diketahui di dunia internasional.