Cara Daftar Gofood untuk Memperluas Pasar Bisnis Kuliner, Perhatikan 7 Hal Penting Ini

Melakukan inovasi dalam berbisnis kuliner tidak hanya melalui mengubah produk, tapi juga dalam aspek lain, seperti kemasan hingga pengantaran produk ke konsumen. Di artikel ini, akan dibahas mengenai inovasi bisnis kuliner dalam hal pengantara produk, yaitu cara mendaftar Gofood sebagai merchant.
Kenapa sih harus mendaftarkan bisnis kuliner Ultrapreneur? Ada beberapa alasan, yuk langsung simak penjelasan berikut ini!

1. Memaksimalkan Potensi Bisnis

Ketika sebelumnya bisnis Ultrapreneur hanya bisa menjangkau area tertentu saja, dengan menjadi mitra Gofood, Ultrapreneur bisa memaksimalkan potensi bisnis. Bahkan ketika mengeluarkan produk baru pun banyak orang yang tahu dengan cara memberikan tanda berbeda di Gofood, seperti menu baru.

2. Mempermudah Pelanggan Menemukan Produk


A Photo by Blake Wisz on Unsplash.com

Ketika teknologi bisa mempermudah siapa saja dalam mendapatkan produk yang diincar, tentu saja hal itu adalah yang selalu dicari customer, kan? Nah, bisa saja ada customer yang mencicipi produk Ultrapreneur secara offline. Mereka suka dan ingin terus membeli untuk ke depannya.
Akan tetapi, saat ternyata brand Ultrapreneur tidak ada di Gofood, pasti ada customer yang merasa kecewa karena dia tidak mudah menjangkau produk Ultrapreneur dengan mudah. Terlebih jarak antara tempat tinggal customer ke kedai Ultrapreneur tergolong jauh.
Nah, dengan brand Ultrapreneur ada di Gofood, customer bisa dengan mudah menemukan produk Ultrapreneur sehingga customer bisa melakukan repeat order.

3. Menjangkau Pasar Lebih Luas

Mirip dengan poin nomor 2, dengan brand Ultrapreneur ada di Gofood, berarti banyak customer yang akan menemukan brand Ultrapreneur dengan mudah. Dengan begitu, jangkauan pasar Ultrapreneur juga menjadi lebih luas dari sebelumnya.

4. Produk Mendapatkan Promosi di Aplikasi

Memasukan produk di Gofood tidak hanya sekadar untuk kebutuhan “Mitra harus memasukan daftar menu”, tetapi juga bisa digunakan untuk promosi.
Hal ini dikarenakan ketika customer mencari “nasi goreng” berarti kedai-kedai yang menjual nasi goreng akan muncul di daftar pencarian. Jika menu Ultrapreneur memiliki rasa yang enak dan mendapatkan penilaian bagus, menu akan otomatis berada di bagian atas sehingga mendapatkan kemungkinan yang sering dipilih.

5. Mendapatkan Omzet Lebih Banyak


A Photo by Josh Appel on Unsplash.com

Potensi pasar maksimal, jangkauan lebih luas, produk mendapatkan promosi dengan baik, kemungkinan selanjutnya adalah omzet akan lebih banyak.
Testimoni-testimoni mitra Gofood bahkan memberikan pengakuan yang sama, yaitu sejak bergabung dengan Gofood, omzet mereka menjadi naik.

Setelah tahu alasan-alasan menguntungkan di atas, Ultrapreneur tentu saja jadi tergiur dong? Terlebih, jika omzet naik tentu saja Ultrapreneur bisa membuat usaha lebih luas lagi nantinya alias melakukan ekspansi yang memang membutuhkan modal lebih banyak.

Cara Daftar Gofood untuk Memperluas Pasar

Tapi karena baru ingin terjun di dunia per-Gofood-an, pasti bingung ya bagaimana daftarnya? Bisa nih Ultrapreneur simak penjelasan tentang cara daftar Gofood berikut ini supaya pasar bisnis kuliner Ultrapreneur lebih meluas.

1. Pendaftaran Melalui Aplikasi Gobiz

Pendaftaran menjadi mitra Go Food hanya bisa dilakukan melalui aplikasi Gobiz. Ultrapreneur bisa mengunduhnya melalui Playstore atau Appstore. Cukup ketikkan Gobiz lalu pilih aplikasi dengan logo kedai berwarna ungu. Jika ingin lengkap mengetikan namanya, cari dengan: Gobiz - Merchant App - GoFood, GoKasir, GoPay.

2. Siapkan Berkas yang Dibutuhkan

Mendaftar menjadi mitra Gofood, pasti harus mengisi data-data penting yang membutuhkan beberapa berkas, seperti KTP, NPWP, hingga buku tabungan.

3. Perhatikan Foto-Foto yang Harus Dilampirkan


A Photo by Ryan de Hamer on Unsplash.com

Selama pendaftaran, Ultrapreneur harus mengunggah beberapa foto, yaitu foto KTP, foto selfie dengan memegang KTP, foto buku tabungan, foto kartu NPWP, foto kedai, hingga foto menu-menu yang dijual.
Yang harus Ultrapreneur perhatikan lagi, saat mengunggah foto KTP dan foto selfie dengan KTP, karena itu langsung, bukan dari galeri, pastikan sudah ada tanda “Sudah Pas & Terlihat Bagus” ya sehingga tulisan di KTP terbaca dengan jelas.
Untuk foto kedai juga harus difoto dengan benar. Pastikan nama kedai terlihat dengan jelas sehingga nantinya driver mudah dalam menemukan lokasi.

4. Isi Data dengan Detail dan Teliti

Ada 5 tahap pengisian data dalam pendaftaran sebagai mitra Gofood, yaitu mengisi identitas pribadi, informasi rekening bank, informasi usaha, informasi outlet, dan pilihan layanan. Pastikan kelima tahap tersebut diisi dengan detail dan teliti.
Sebagai catatan penting, dalam informasi rekening bank, saat nama pemilik bisnis dan nama pemilik rekening tidak sama, Ultrapreneur harus menyiapkan buku tabungan untuk difoto dan diunggah ke Gobiz ya.

5. Perhatikan Jam Operasional

Kenapa jam operasional penting dalam cara daftar Gofood? Hal ini dikarenakan Ultrapreneur harus meng-update setiap hari untuk menutup toko. Ketika jam operasional sudah akan tutup, pastikan untuk mengklik ubah lalu tutup toko.
Gofood juga memberikan minimal jam operasional, yaitu minimal 3 hari dalam seminggu dan minimal 3 jam per hari.

6. Tulis Daftar Menu dengan Benar


A Photo by DariaShevtsova on Pexels.com

Pastikan daftar menu sudah lengkap. Unggah juga foto-foto yang menarik dalam menu sehingga customer bisa melihat tampilannya sebelum membeli. Namun, pastikan itu foto asli menu ya, Ultrapreneur, karena customer bisa kecewa jika tampilan di aplikasi berbeda dengan aslinya.

7. Cek Kembali Sebelum Melakukan Verifikasi

Seluruh data yang diisi tersebut pastikan harus diteliti kembali sebelum klik verifikasi. Setelah klik verifikasi, Ultrapreneur harus menunggu maksimal 14 hari kerja untuk mendapatkan ACC dari pihak Gofood.
Jika kemudian data yang Ultrapreneur isi belum lengkap, Ultrapreneur akan mendapatkan email atau notifikasi melalui sms sebagai pemberitahuan bahwa data harus dilengkapi atau diubah lagi. Dengan begini, Ultrapreneur buka kembali Gobiz lalu perbaiki data yang salah.

Bagaimana, Ultrapreneur? Cara daftar Gofood tidak begitu ribet, kan? Saat kemudian pesanan melonjak, jangan lupa untuk selalu mencatat keuangan ya.
Jika masih bingung tentang manajemen keuangan dalam bisnis kuliner, Ultrapreneur bisa belajar di Ultra. Materi dijelaskan dengan lengkap oleh mentor yang berpengalaman.

Ditulis oleh Nisa Maulan Shofa