Madu Trigona Alias Klanceng, Sehat Secara Alami

Indonesia punya jenis lebih lokal yang bisa menghasilkan salah satu madu terbaik dunia loh Ultrapreneur semua. Madu ini disebut sebagai madu trigona atau kalau kita kenal juga dengan sebutan madu Klanceng. Dalam bahasa Sunda juga dikenal sebagai madu Teuweul. Berbeda dengan madu lain yang dihasilkan oleh lebah Apis Mellifera, madu klanceng dihasilkan oleh lebah Trigona atau stingless bee. Lebah trigona mempunyai badan yang lebih kecil dibandingkan lebah Apis Mellifera dan ternyata lebih tahan terhadap penyakit yang ada disekitarnya. 

Madu klanceng mempunyai kelebihan akan kandungan propolisnya. Ini karena pada sarang yang dibangun oleh lebah Trigona, mereka menambahkan propolis dalam dinding sarangnya. Dan ini menghasilkan antibiotik alami bagi madu yang dihasilkan oleh lebah Trigona. Madu Trigona juga mempunyai kandungan mineral hampir 2 kali lipat lebih banyak dibandingkan madu dari Apis Mellifera. 

Kenapa bisa begitu? Ini karena lebah stingless bee ini mempunyai alat hisap yang lebih kecil dibandingkan lebah lainnya. Karenanya lebah ini bisa menghisap madu ke bagian terdalam dari bunga. Dan ada sekitar 11 jenis lebah Trigona yang ada di seluruh dunia. Madu Trigona dari lebah Trigona di Indonesia merupakan salah satu yang terbaik bahkan konon bisa bersaing dengan madu Manuka dari New Zealand untuk kandungan manfaat dan mineralnya. 

Salah satu Startup Indonesia yang membuat produk dari Madu Trigona adalah Beema Honey. Silakan berkunjung pula ke website mereka untuk mengetahui jenis madu lainnya yang juga tak kalah baiknya. Jaga selalu kesehatanmu ya Ultrapreneur semua.