Panduan Mengoptimalkan SEO Paling Ampuh untuk Tingkatkan Peringkat dan Website Anda

Untuk membuat brand website bisa muncul di mesin pencarian Google Search Engine, maka harus mengoptimalkan Search Engine Optimization (SEO). Namun, tentu saja ada tips jitunya agar pengoptimalan SEO dapat meningkatkan peringkat dan website Anda.

Seperti yang kita ketahui, banyak orang dapat memanfaatkan Google untuk menelusuri semua informasi karena dinilai cukup praktis dan cepat.

Cukup mengetikkan kata kunci yang diinginkan pada kotak pencarian, Google akan dengan sendirinya memunculkan data dan informasi yang berkaitan dengan kata kunci tersebut.

Dengan fungsi Google yang demikian banyak membuat orang memanfaatkannya untuk berbagai keperluan, salah satunya yang paling sering dilakukan adalah untuk membantu bisnis Anda.

Dengan semua keuntungan tersebut, penting bagi kita mengoptimalkan SEO, yaitu salah satu metode marketing online untuk menaikkan traffic atau pengunjung ke website kita.

Sebab, semakin tinggi peringkat di hasil pencarian Google, semakin banyak traffic website yang didapatkan.

Karena itu, Lifepal mengajak enam pelaku usaha berkolaborasi dalam kegiatan webinar “Improve Your SEO to Increase Website Organic Traffic”.

Adapun 6 UKM/UMKM/Startup yang bergabung dalam webinar kali ini terdiri dari Sertifikasiku, Ultraindonesia, Tekenaja, Siklus, Cashlez dan Sociabuzz.

Dalam webinar kali ini, materi disampaikan oleh Head of SEO Lifepal.co.id, Dudung Rahmanto serta SEO Specialist Lifepal, Tama Andy, yang memaparkan bagaimana cara agar bisa mengoptimalkan SEO website Anda sehingga bisa terdeteksi mesin pencarian Google.

Cara Mengoptimalkan SEO

Dengan menggunakan algoritma mesin pencari, Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda sehingga bisa diketahui banyak orang.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menarik perhatian adalah membangun brand awareness di internet. Anda dapat mengoptimalkan SEO dalam konteks pemasaran digital.

Dengan mengoptimalkan SEO bisa membantu bisnis Anda mudah dicari di internet lewat pencarian beberapa kata kunci tertentu.

Nah, untuk bisa mewujudkan strategi ini, tentu saja langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat sebuah website. Setelah itu, memiliki konten yang bagus dan informatif tinggi.

Langkah Paling Tepat untuk Dilakukan

Berikut ini merupakan empat langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan penggunaan internet sebagai media promosi serta meningkatkan perangkingan website Anda:

  • Temukan problemnya
  • Konten tertulis
  • Konten multimedia
  • Membuat konten

Untuk membuat konten berkualitas, maka harus mencari artikel terkait dengan berlandaskan pada  5 W 1 H = What, Where, Why, Who, When + How.

Personal Branding

A photo by Brooke Lark on Unsplash.com

Memanfaatkan peluang yang ada di internet marketing sebagai penunjang semua kebutuhan pelaku usaha bisa memberikan beragam keuntungan, di antaranya:

  • Mengukur sejauh atau sebesar apa visibility “kamu” di search engine
  • Menggali potensi besar yang bisa dimanfaatkan melalui konten dan SEO.

Mengoptimalkan SEO Anda dengan Topic Cluster

Google dan mesin pencari lainnya telah memodifikasi sistem mereka untuk memenuhi pencarian konten berbasis topik untuk mengedukasi pembaca dengan kata kunci untuk mendapatkan peringkat.

Topic cluster ini sangat membantu mengatur konten Anda sesuai dengan niche tertentu, salah satunya asuransi, dengan rapi dan sehingga menempatkan Anda di jalur cepat menuju ke halaman pertama Google.

Cara Membuat Topic Cluster

Untuk membantu mengoptimalkan SEO bagi website Anda, ada empat cara membuat topic cluster.

1. Topik Utama

Semua kluster topik dimulai dengan topik utama atau halaman pilar, yang membahas subjek umum.

Halaman pilar ini harus komprehensif dan terperinci, dan kontennya harus panjang. Misalnya, bisa jadi sebuah panduan how-to yang menunjukkan cara melakukan sesuatu atau sebuah panduan utama.

Panduan harus mudah dibaca dan terstruktur dengan baik dengan menggunakan subjudul dan tautan ke berbagai topik dan halaman terkait lainnya.

Sementara itu, kluster konten merupakan artikel pendukung untuk halaman pilar. Artikel tersebut harus selalu terhubung kembali ke halaman pilar Anda dan harus terkait dengan konten halaman pilar Anda.

Artikel ini bisa jadi lebih pendek dan tidak begitu mendalam, tetapi masih perlu disusun dengan baik dan mudah dibaca untuk manusia dan Google.

Dengan melakukan ini, Anda membantu prospek untuk terus mempercayai usaha Anda, dan merek bisnis Anda.

2. Memakai Kata Kunci

Kata kunci tetap Meski topik cluster adalah teknik SEO terbaru di dunia digital marketing, ini tidak berarti bahwa Anda harus mengabaikan dan melupakan kata kunci target Anda.

Mengoptimalkan konten dan halaman web di sekitar kata kunci Anda masih merupakan keharusan.

Segera setelah cluster topik Anda dibuat dan kata kunci target Anda selesai, sekarang Anda dapat memperbarui dan mengoptimalkan halaman dan konten Anda di cluster Anda.

3. Berikan Link Tautan atau Hyperlink di Konten Terkait

Link tautan atau hyperlink menjadi pemersatu kluster topik Anda. Caranya, Anda harus menambahkan tautan internal dari setiap kluster konten tunggal ke halaman pilar agar Google tahu bahwa semuanya berkaitan.

Dengan langkah ini, maka akan membuat sebuah klaster topik bisa menunjukkan mesin pencari Google, bahwa konten ini terhubung dan saling terkait satu sama lain.

Itulah panduan mengoptimalkan SEO paling ampuh untuk membantu meningkatkan peringkat dan website Anda.

 

Sumber artikel

Artikel ini ditulis oleh Head of SEO dan SEO Specialist Lifepal.co.id, Dudung Rahmanto serta Tama Andy sebagai bagian dari kolaborasi dengan Lifepal.co.id.