Temukan Katalog UMKM Indonesia Tangguh di UKM Juwara

Pandemi Covid19 memang membuat banyak usaha tumbang, termasuk UMKM. Namun tidak sedikit yang walaupun sempat tumbang, memilih untuk belajar, bangkit dengan inovasi, dan gesit beradaptasi untuk menjemput pasar dengan go digital!

Ada yang kemudian jadi berhasil tumbuh gemilang, ada yang belum. Tetapi yang paling penting adalah, mereka terus berjuang, karena menyerah bukan pilihan. Itulah semangat yang ingin kami sampaikan melalui Program Katalog 100 #UKMJUWARA, sebuah prakarsa kami, tim UKM Indonesia - LPEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, untuk memamerkan kepada konsumen Indonesia, bahwa produk-produk UKM juga banyak yang keren, bisa menjadi solusi relevan untuk ragam kebutuhan, dan tentunya membuat kita #banggabuatanindonesia.

Dikemas dalam pendekatan Conversation Commerce atau c-commerce, katalog ini dapat memberi kenyamanan bagi konsumen Indonesia dalam melihat, memilih, dan berinteraksi dengan para #UKMJUWARA melalui chat WhatsApp yang dapat menghadirkan pengalaman interaksi yang lebih akrab dan personal.

Sebagai komunitas UMKM pertama di dunia yang menghadirkan katalog member dalam format WhatsApp Business Catalog c-commerce s.id/UKMJUWARA (deskripsi produk bilingual Indonesia dan inggris) dan pdf online s.id/ukmjuwaraUKM Indonesia sangat berbahagia bisa mengabarkan telah merilis Katalog 100 UKM JUWARA. Kami juga bangga karena katalog ini adalah buah karya kolaboratif antara UKM Indonesia, para member pelaku UKM yang gesit digital, yang juga didukung oleh WhatsApp Inc dan Kementerian Koperasi dan UKM RI yang akan membantu mengamplifikasi kampanye #UKMJUWARA untuk #banggabuatanindonesia ini. Asosiasi lain seperti APINDO UMKM/IKM dan Platform LUNAS juga ikut mendukung program ini.

“WhatsApp berkomitmen mendukung pemerintah Indonesia untuk mempercepat pemulihan ekonomi bangsa melalui pemberdayaan UMKM. Selain program pelatihan yang telah dilaksanakan bersama UKM Indonesia, kami juga sangat mendukung pengembangan Katalog UKM JUWARA dalam membantu mempromosikan UMKM lokal. Aplikasi WhatsApp Business telah digunakan oleh jutaan UMKM di seluruh dunia dan telah membantu mereka dalam berkomunikasi dengan pelanggan dan mempromosikan produk mereka.” ujar Esther Samboh, Manajer Kebijakan Publik, WhatsApp Indonesia.

Produk inovatif dan kreatif dengan kandungan lokal sangat layak dikonsumsi, dijamin keren produk #ukmjuwara! Kolaboratif disini tidak hanya dalam wujud katalog digital ini saja, tetapi dalam rangkaian dukungan produktif para pihak sehingga para UKM benar-benar menjadi JUWARA perekonomian kita”, sebagaimana disampaikan Destry Anna Sari, Asisten Deputi Pemasaran Kementerian KUKM RI.

Terima kasih kami ucapkan kepada para #UKMJUWARA yang daya juangnya telah menginspirasi kita semua. Ini adalah tahap awal perjuangan kita untuk mendukung gerakan #banggabuatanindonesia yang diprakarsai pemerintah; dan semoga dapat terus kita gaungkan bersama untuk merajut aksi kolaborasi yang lebih luas lagi.

Kepada konsumen, rekan-rekan influencer media sosial, dan juga media konvensional, mari kita ramaikan kolaborasi ini dengan membantu mempromosikan tagar dan tautan (link) katalog ini, atau, mari bantu angkat cerita mereka masing-masing untuk mendapatkan eksposur yang lebih besar.

Bagi konsumen Indonesia, mari kita bela dan beli produk-produk UKM Indonesia yang keren-keren ini, khususnya bagi yang sedang mencari hadiah akhir tahun yang unik dan bermakna bagi orang-orang tersayang.

“Yuk, bantu share, beli, dan bela produk UKM lokal kita yang keren-keren ini. Kalau bukan kita yang mendukung kemajuan UKM dalam bangkit melawan pandemi, siapa lagi?”, ujar Dewi Meisari Haryanti, Project Leader, UKM Indonesia.