Business

Dubai 2020, World Expo Yang Penuh Peluang

Indonesia akan menjadi salah satu negara peserta yang turut dalam acara World Expo 2020 di Dubai. Indonesia bahkan membangun paviliun khusus yang akan memiliki luas 1860 m2. Sejumlah UKM Indonesia akan diajak untuk berpartisipasi dalam acara ini tentu dengan mengikuti kurasi yang akan digelar dalam beberapa waktu dekat. 

World Expo 2020 di Dubai sendiri digadang-gadang akan menjadi salah satu pameran terbesar di tahun ini karena pameran ini menjadi salah satu trend setter dan hub antara negara-negara afrika yang kini menjadi emerging countries secara ekonomi dan negara-negara Asia Pasific yang juga tumbuh berkembang dengan pesat. 

World Expo merupakan acara lima tahunan yang merupakan acara tertua dan terbesar di dunia. Perhelatan paling bergengsi tingkat dunia ini selalu diikuti hampir semua negara untuk menampilkan potensi, inovasi, dan gagasan-gagasan untuk saling bekerjasama.

Expo tingkat dunia ini bermula dari London’s Great Exhibition pada tahun 1851. Kemudian terus bergulir seiring dampak positif yang diraih peserta dan masyarakat dunia. Sejumlah produk peradaban dunia, hadir pertama kalinya melalui World Expo ini seperti Menara Eiffel, Gedung Space Needle di Seattle, Mesin Ketik, Televisi, dan Telepon.

Setelah Perang Dunia II berakhir, karakter Expo bergeser. World Expo yang sebelumnya semata-mata ajang pameran pencapaian industri terbaru perlahan-lahan bergeser menjadi acara bersama untuk merekatkan negara-negara dunia yang sebelumnya diliputi permusuhan.

Kini, World Expo menjadi upaya kolaboratif negara-negara di dunia dalam memecahkan masalah global. World Expo juga sebagai wadah untuk mendiskusikan tantangan global serta upaya mencari solusi dari perspektif bisnis, sains, dan budaya.

Dilansir dari website resmi Pavilion Indonesia 2020Paviliun Indonesia didesain secara futuristik dan dipadukan dengan berbagai motif traditional. Diharapkan paviliun ini akan menjadi wajah Indonesia masa depan yang berfondasikan berbagai inovasi, beyond technology dan tetap selaras dengan berbagai kearifan lokal.

Paviliun Indonesia terletak di jalur utama di zona “Opportunity” yang strategis dengan luas lahan 1.860 m2. Paviliun bertema “Transforming Future Civilization Through Innovations and Diversity” ini akan terdiri dari 3 lantai. Setiap lantai akan memiliki cerita yang berbeda-beda tapi saling terkait. Semua cerita yang ada di tiap lantai akan ditampilkan secara Entertainment, Interaktif dan Futuristik.

Lantai 1 yang bertema “To Build World ANew…” akan memberikan gambaran tentang Indonesia dalam kemasan “Connecting Yesterday – Today & Tomorrow” dengan menampilkan sejarah Indonesia (15%), Indonesia hari ini (25%) dan Indonesia Masa Depan (60%).

Lantai 2 akan menampilkan berbagai inovasi dan Konsep Indonesia Emas 2045. Tema di lantai ini adalah “Celebrating you, me together we transform the future”. Selain menampilkan instalasi yang canggih, lantai ini juga memiliki studio bioskop layar lebar berkualitas tinggi (high quality cinema) sebagai tempat pemutaran video dari perusahaan, kementerian dan pemerintah daerah, juga sebagai sarana presentasi untuk menarik investasi.

Lantai 3, pengunjung akan disajikan suasana “Night Market” yang kental dengan berbagai keragaman budaya, keramahan dan kehangatan khas masyarakat indonesia. Pasar kaget yang telah menjadi ciri khas msyarakat Indonesia, makanan tradisional, serta kuliner Indonesia kontemporar

Mau tahu terus tentang perkembangan World Expo 2020 Dubai? Jangan sampai ketinggalan newsletter UltraIndonesia.com ya. 

 

Wednesyuda

You May Also Like